YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 05 Desember 2009

Bab 3 : Menggunakan E-mail untuk Komunikasi

A. Mendeskripsikan Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi

1. Penggunaan Internet untuk Komunikasi (e-mail)

E-mail (Electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan Internet. E-mail merupakan fasilitas Internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Setiap hari hampirjutaan pesan dikirimkan ke segala tujuan. Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan Internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan Internet. Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu sebagai berikut.

1.E-mail yang berbasis web

Pada e-mail jenis ini, seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail Setiap kali akan menggunakan e-mail, pengguna hams terhubung terlebih dahulu dengan Internet. Beberapa web mail penyedia layanan Internet gratis sudah banyak tersedia di Internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo Mail, Hotmail.

2.E-mail yang berbasis client

Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.

2. Fungsi E-mail sebagai Alat Kbmunikasi

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.

Penggunaan e-mail memungkinkan data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim^berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. Kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.

E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Selain memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya, e-mail juga mempunyai dampak negatif. Misalnya, sebagai alat penyebaran virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk lainnya, seperti para teroris yang menggunakan e-mail untuk menghubungi anggotanya di belahan dunia lain untuk melakukan rencana jahat mereka.

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melalui penyedia e-mail gratis
Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan e-mail. Kamu tinggal mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi datapribadi lalu kamu pun akan memiliki e-mail secara instan. Contoh penyedia layanan ini adalah Yahoo (mail.yahoo.com), Plasa (www.plasa.com), Telkom (www.telkom.net).

2. Undangan dari teman
Cara kedua ini adalah melalui undangan {invite) dari temanmu yang telah memiliki account pada penyedia layanan e-mail tersebut, Kamu tidak dapat mendaftarkan diri tanpa undangan dari salah seorang yang telah menjadi anggota. Contoh layanan ini adalah layanan e-mail yang disediakan oleh Google (mail. gmail.com).

3. Dari Internet Service Provider (ISP)
ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi Internet. Beberapa contoh ISP di Indonesia, antara lain IndosatNET, WasantaraNet, danINDO.NET. Koneksi Internet dilakukanberdasarkanjumlahjam akses atau hak pakai selama 24 jam per hari. Kamu harus mendaftarkan diri kepada penyedia layanan tersebut untuk mendapatkan layanan e-mail.

4. Dari perusahaan
E-mail yang diperoleh dari perusahaan adalah e-mail yang diberikan oleh suatu perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat e-mail ini memiliki identitas perusahaan di mana e-mail tersebut terdaftar. Untuk mendapatkan e-mail jenis ini, seseorang harus menjadi karyawan dari perusahaan tersebut.

5. Memesan sendiri
Cara ini bertujuan untuk mendapatkan alamat e-mail khusus yang dapat kamu tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas kamu, serta fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari e-mail tersebut. Untuk mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat menggunakan e-mail tersebut.

B.Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox di Kantor Pos (Fisik) yang Merniliki Identitas dan Kunci dengan Mailbox E-Mail (Logik) yang Memiliki User ID dan Password

Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang sudah lama kita kenal, Mengirim surat dengan menggunakan metode konvensional, selain memerlukan kertas dan perangko, proses pengiriman juga memerlukan waktu yang relatif lama, yaitu mulai dari kamu menulis surat, mengirim surat yang telah kamu tulis ke kantor pos yang terdekat dari rumahmu dengan menyertakan alamat yang kamu tuju. Dari kantor pos tersebut akan dikirimkan ke kantor pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tujuan. Selanjutnya, penerima akan membuka kotak pos yang terdapat di depan rumah. Dalam kasus ini, penguim tidak tahu apakah orang yang dituju sudah menerima surat tersebut atau belum, sampai pengirim menerima surat balasan.

surat dengan menggunakan media konvensional akan menghasilkan sesuatu yang jelas dan isinya tidak harus selalu diklarifikasi. Sedangkan melalui e-mail, adakalanya informasi yang terkandung di dalamnya perlu dikonfirmasi ulang kepada si pengirim, terutama untuk sesuatu yang sifatnya penting dan tidak ada hubungannya dengan pembicaraan sebelumnya. Hal ini disebabkan kareha tidak jarang e-mail sampah (spam) yang diterima oleh pemilik e-mail atau kadangkala pengirim e-mail yang mengaku sebagai orang lain (meskipun surat konvensional juga memungkinkan terjadinya hal tersebut).

Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut dengan mailbox yang tersimpan dalam mailserver. Untuk dapat membuka mailbox, pengguna harus memasukkan user ID dan kata kunci (password). Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam penerimaan dan pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan disimpan dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat melakukan pengecekan isi, membaca, menjawab, menghapus, dan mengirim pesan (e-mail).
C. Melakukan Attcahment File dalam E-mail
A. Mengirim E-mail
1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah masuk ke e-mail.
2. Setelah berhasil masuk ke Yahoo mail, klik Compose (Tulis) sehingga di layar akan tampil area pengetikan.
3. Pada kotak isian To (Kepada), ketik nama e-mail yang akan dituju, misalnya isnanda.zaki@yahoo.com.
4. Pada kotak isian Subject (Topic) ketik judul surat, misalnya reuni.
5. Selanjutnya, ketik isi surat/pesan pada area pengetikan.
6. Jika Anda ingin melampirkan file, maka Anda dapat menyertakannya lewat fasilitas Attach Files (Lampiran). File tersebut dapat berupa dokumen yang diketik melalui Microsoft Word, Microsoft Excel, gambar, foto, multimedia, dan lain sebagainya. Caranya adalah sebagai berikut.
a. Klik pilihan Attach Files.
b. Klik kotak File 1 untuk mengirim file atau berkas pertama, kotak File 2 untuk mengirim file atau berkas kedua, dan seterusnya.
c. Klik tombol Browse untuk mencari tempat file atau folder yang disimpan sehingga akan muncul kotak dialog Choose File.
d. Setelah nama file atau berkas yang akan dikirim dipilih, klik Open sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.
e. Selanjutnya, klik kotak Attach Files dan tunggu sampai proses selesai.
f. Setelah muncul tampilan, klik kotak Continue to message sehingga file akan terikat dengan e-mail yang akan dikirimkan.
g. Jika sudah selesai, klik tombol Send (Kirim) maka e-mail akan terkirim ke alamat e-mail yang dituju. Jika pesan berhasil terkirim maka pada layar akan tampil keterangan Sent (Terkirim)
B.Mengirim Attachment File dalam E-mail
1. Pilih “Attach” untuk menyisipkan file.
2. Setelah muncul window baru seperti gambar diatas, cari lokasi file yang ingin anda sisipkan.
3. Pilihlah file yang ingin anda sisipkan, untuk saat ini Yahoo! Memberikan layanan untuk menyisipkan file dengan total ukuran maksimal 10MB per-email.
4. Setelah selesai memilih file yang ingin disisipkan, pilih “Open” dan tunggu beberapa saat untuk mengupload file anda.



5. Lengkapilah email anda dengan mengisi Alamat Email yang dituju, Subject untuk email anda, File yang telah di attach sebelumnya, dan isi email anda. Kira kira hasilnya seperti gambar dibawah ini:



6. Jika Sudah selesai klik "Send"
D. Kode Etik Penggunaan E-mail

Saat ini sudah banyak masyarakat yang memakai e-mail.
Dalam e-mail kita harus memperhatikan aturan berikut ini :
1.Jangan memakai Huruf kapital untuk seluruh pesan
2.Hormati privacy orang lain
3.Tidak semua orang suka menerima hal yang kamu kirim
4.Jangan teruskan surat berantai
5.Jangan membuat Spam
6.perhatikan susunan e-mail
7.selalu isi bagian subjek
8.Ganti judul e-mail bila topik berubah
9.Hapus pesan reply yang tidak perlu
10.Jangan mudah tersinggung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar